Skip to main content

Tips Liburan Murah di Paris

Mau liburan ke Paris as a budget traveler, ayo siapa takut!

Yah Paris menjadi salah satu kota favorit impian traveler Indonesia dan juga mancanegara untuk liburan ke Eropa. Bagaimana tidak, keindahan kota ini mulai dari Menara Eiffel, Museum Louvre, Jalan Champs Elysee, Arc De Triomphe, Kathedral Notre Dame dan juga museum dan bangunan bergaya khas Eropa lainnya, menjadi magnet tersendiri.
Nah, Bagaimana cara yang paling asyik untuk liburan di Paris, dengan budget backpacker, baca seterusnya yah!



Bandara di Paris

Banyak penerbangan dari Indonesia menawarkan penerbangan ke Paris, Perancis. Bahkan maskapai sekelas Garuda Indonesiapun memiliki tujuan penerbangan ke Paris. Bermacam-macam maskapai dari Timur Tengah dan maskapai di Asia lainnya seperti Qatar Airways, Emirates, Etihad juga gak ketinggalan Malaysia Airlines bahkan juga Saudia Airlines, menawarkan penerbangan murah ke Paris, tapi dengan kualitas yang gak kalah jauh dari maskapai penerbangan Eropa seperti KLM - AIR FRANCE.

Bandara Roissy Charles de Gaulle yang terletak di pinggiran Kota Paris menjadi pintu masuk udara dari berbagai pesawat di seluruh dunia. Dan juga, bandara kedua, tapi agak jauh dari Paris, namanya Orly airport yang khusus untuk maskapai dengan budget travel dari negara Eropa lainnya. Sedangkan untuk jalur kereta api, Stasiun kereta terbesar dan utama adanya di Gare de l'Est dan Gare du Nord.


Jalan-jalan di Paris

Gimana sih caranya berkeliling di Paris?
Kalo mau yang paling  cepat dan praktis sih  dengan mencoba kereta bawah tanah Metropolitan, yang biasa disebut ama orang Paris dengan sebutan Metro. Metro Paris adalah sistem kereta paling rumit tapi paling lengkap. Jalurnya begitu komprehensif sehingga kereta Metro menjadi andalan wisatawan untuk pergi kemanapun di Paris. Jadi jangan takut tersesat, soalnya semua petunjuk di stasiun Metro itu lengkap, tapi yang harus diingat, semuanya dalam bahasa Perancis.

Kalau mobilitas Anda tinggi, menyarankan Anda membeli tiket kereta Metro jenis Mobilis. Ini adalah tiket harian untuk naik turun kereta Metro sepuasnya, harganya bisa di cek di setiap stasiun Metro dan juga di mesin penjualan yang biasanya ada di dalam stasiun juga. Ada lagi tiket kereta Paris Visite dengan fungsinya sama seperti Mobilis namun dengan aneka promosi lainnya. Btw untuk harga tiket saya gak bisa jelassin karena gak pernah mencoba karena kalo kita ke Paris pasti ada si suami yang antar jemput, ataupun udah prepare dibeliin tiket ama suami sebelum jalan.

Memilih tempat menginap

Pilihan menginap pun banyak sekali dari kelas backpacker sampai hotel mewah. Tempatnya silakan dipilih sesuai budget. Tempatnya pun tersebar di seantero Paris, tinggal cari sesuai destinasi wisata apa yang diinginkan paling dekat. Saya gak bisa kasih saran penginapan murah dengan harga backpacker karena belum pernah nginap di hotel di Paris dengan harga di bawah 50 euro(kebetulan ke Paris ama suami selalu dibayarin ama kantor 😁). But ada pengalaman dari teman orang Indonesia yang nginap di sekitaran Gare du Nord katanya bisa dapat hostel sekitar 20-30 euro per orang. Kalo gak salah bisa juga di cek di website hostel.com untuk taris hostel budget di Paris.


Jalan kemana ajah sih kalau di Paris

Mau jalan ke Paris, gak cukup sehari yah guys, karena Paris punya banyak tempat wisata menarik. Paling pertama itu yah Menara Eiffel dong yang. Depannya ada taman, biasa orang nongkrong selonjoran di rumput namanya Champe de Mars. But, kata orang gak ke Paris namanya kalo gak ke Eiffel Tower sih. Harga tiketnya bermacam-macam sekitar 8,10 Euro (Rp 101 ribu) untuk naik ke pelataran tengah dan 13,10 Euro (Rp 164 ribu) untuk naik sampai ke puncak Menara Eiffel.

Menara Eiffel bisa dinikmati sepanjang waktu. Mereka yang ingin melihat Eiffel berkilauan lampu indah, memilih datang malam hari. Taman Champs de Mars begitu romantis, jangan heran melihat banyak pasangan berciuman di sini.

Tempat kedua yang wajib dikunjungi adalah Museum Louvre. Inilah tempat lukisan mahakarya Monalisa karya Leonardo da Vinci, patung Venus de Milo sampai patung Firaun Ramses II, musuh Nabi Musa. Tidak cukup sehari untuk menjelajah museum yang sangat luas ini. Bukan cuma itu saja, piramida kaca di luar museum Louvre menjadi spot foto paling diminati turis selain menara Eiffel. Untuk tiketnya bisa dibeli ditempat, tapi saran saya lebih bagus belinya disitus resmi online, biar gak capek ngantri yah.

Tempat ketiga yang perlu dikunjungi adalah Kathedral Notre Dame atau dalam bahasa Indonesia Kathedral ibu kami. Ini adalah titik nol Kota Paris yang ditandai dengan sebuah lingkaran logam di depan gereja, then mitosnya yah, kalo pengen balik ke Paris lagi, please tinggalin uang koin disitu. Gak tau ini benar atau salah, but waktu saya ke Paris pertama kali, sayapun mencobanya. Then saya sering bolak-balik Paris deh. Gereja Gothik ini berdiri sejak tahun 1345 yang berdiri megah di tepi Sungai Seine. Spot foto di Paris juga wajib di gereja ini yah guys. Mau masuk ke gereja gratis, tapi kalian harus membayar kalau ingin mengikuti tur khusus.

Tempat keempat yang wajib dikunjungi adalah Bukit Mont Marte. Sebuah bukit di utara Paris dengan Gereja Basilika Sacre Coeur berdiri cantik di puncaknya. Kekhasan dari gereja ini adalah dinding batu yang berwarna putih, dan di depan Bassilica ini kalian bisa melihat seluruh kota Paris. Nah Sebelum adanya Menara Eiffel, inilah tempat warga Paris melihat pemandangan ke seantero kota. Bukan cuma warga biasa tapi ini juga tempat para pelukis, melukis keindahan kota Paris.

Destinasi populer kelima adalah Arc de Triomphe. Ini adalah monumen yang dibangun Napoleon tahun 1806 di tengah jalan simpang 12 yang sangat ramai. Nah jalanan yang paling terkenal yaitu Champe Elysee.Konon jalan ini merupakan jalan paling cantik di dunia. Mungkin karena berbagai macam toko-toko barang mewah ada disini. Nah Arc de triomphe ini adalah monumen kepahlawanan bangsa Prancis dengan api abadi untuk menghargai jasa pahlawan mereka. Monumen ini begitu terkenal dan menjadi salah satu landmark Kota Paris.




Makan di Paris

Paris memiliki ratusan restoran yang siap menawarkan makanan lezat berkelas dunia. Dari sekitar Louvre, Marais, Latin Quarter sampai Montparnasse. Semua tersedia sesuai uang di kantung Anda. Kalau mau wisata kuliner yang asyik, better to go to 13eme, untuk makanan Asia terutama Chinese dan Vietnam, karena rasanya pas buat turis Asia, juga pas buat kantong. Bahkan kalo mau mencoba makanan khas Turki, biasa disebut "kebab" bisa juga, karena pasti di setiap sudut pasti ada. Harganya hampir samalah kayak makanan chinese, bisa dapat sekitar 6-7 euro per porsi. Kalo mau yang lebih mahal, coba makan di champe elysee disitu banyak restaurant dengan chef yang terkenal pula, but harganya juga cukuplah menguras kantong.


Belanja di Paris

Paris adalah salah satu surga belanja di Eropa. Sebagai pusat mode, aneka butik-butik terkenal di tersebar di seantero kota. Coba susuri jalan Champe Elysee untuk aneka butik-butik ternama. Jika uang bukan masalah, sekalian saja pergi ke Galleries Lafayette dan primtemps, pusat perbelanjaan paling mewah di Paris, posisinya juga bersebelahan. Mulai dari parfum sampai mode busana terkini ada di sini.

Untuk yang hobby sama baju branded diskonan, bisa juga ke Marne Village, tepatnya sih agak jauh dari pusat kota Paris, satu jalan menuju ke Disneyland dengan menggunakan RER. Semua barang disini adalah barang branded, dengan diskon gede tapi sudah di obral karena sudah out of season kalo di Eropa.

Tidak punya uang, jangan khawatir. Aneka suvenir dengan harga terjangkau banyak dijual di toko-toko di sepanjang jalan dari Stasiun Metro Anvers sampai kaki bukit Mont Marte. Mulai dari T Shirt, gantungan kunci, miniatur Eiffel dan lain-lain. Tapi pengalaman detikTravel, gantungan kunci paling murah malah dijual pedagang asongan di sekitar Eiffel. Harganya per buah hanya 20 sen Euro atau per 1 euro bisa dapat 5 buah gantungan kunci.


Okeey, sekian dulu info dari saya kali ini yah guys. Wanna know more about Paris, please send me your comment or send me your email.

Salam dari Perancis
EJB

Comments

Popular posts from this blog

Kosakata Keluarga dalam bahasa Perancis

Bonjour, Balik lagi kali ini dengan materi yang berbeda yah,  Sesuai judulnya yah, kali ini aku bakalan bahas tentang kosakata keluarga dalam bahasa Perancis. Dimana kosakata ini emang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. So tidak ada salahnya untuk kita pelajari bersama.  Untuk susunan keluarga, saya akan mulai dari yang paling atas, so let's check it out yah 🙂 Grand - pere      : Kakek/Opa Grand - mere     : Nenek/Oma Papa                   : Papa/Ayah Maman               : Mama/Ibu Frere                   : Saudara laki-laki Soeur                  : Saudara perempuan Oncle                  : Paman/Om Tante                  : Bibi/Tante Fils                     : Anak laki- laki Fille                    :Anak perempuan Cousin                : Sepupu laki-laki Cousine              : Sepupu perempuan Neveu                 : Keponakan laki-laki Niece                  : Keponakan perempuan Petit fils              : Cucu laki-laki Petit fille    

Kosakata bahasa Perancis untuk pemula 🇫🇷

Bonjour toute le monde, Hai semuanya, Hallo everyone           Mungkin diantara kita ada yang sering dengar kalo bahasa Perancis itu katanya bahasa paling romantis di dunia 😊😊😊. Benar atw tidaknya, bagi saya bahasa Perancis itu gampang2 susah. Yah namanya juga bahasa asing, pasti ada sedikit kesulitan, but kalo mau berusaha pasti akan bisalah yah. Nah berhubung saya sekarang sudah tinggal di Perancis, mau tidak mau saya harus belajar bahasa Perancis yang lumayan bikin kepala saya pusing tapi belum sape tujuh keliling yah 😜😜😜. Nah, biar gak makin pusing, yuk belajara bahasa Perancis. Kali ini aku hanya membahas sebagian kata atau kalimat yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mau tau apa ajah: Monsieur: Tuan. Digunakan untuk lelaki dewasa, juga remaja atau pemuda.  Madame: Nyonya Mademoiselle: Nona. Bonjour : Selamat pagi. Kalo dilihat dari arti yang sebenarnya, "bonjour" memang artinya selamat pagi but kata ini juga bisa menjadi sapaan s

Brumisateur, Avene Spray atau Evian Spray

Brumisateur, Avene Spray atau Evian Spray ..... Banyak yang bertanya, apa sih itu "brumisateur"???. Then kenapa I choose that title as my new article on mu blog 😀 Okeeyyy saya jelasin dulu yah "brumisateur" itu apa ........ Nah, Brumisateur itu adalah special mineral water, kayak face spray sih sebenarnya tapi ini lebih ke mineral waternya lho. Yang berfungsi sebagai pengobatan dan untuk kecantikan bahkan untuk ngatasin wajah lelah guys karena ada efek menyegarkan.  Untuk hal kecantikan sendiri, fungsinya bisa melembabkan, menyegarkan, mengatasi iritasi dan merawat kulit serta memberikan nutrisi di kulit kita. Bukan cuma untuk wajah, tapi bisa di seluruh bagian tubuh. Kapan ajah kalian butuhin tinggal disemprotkan ke wajah.  (Kiri: Avene Spray, Kanan: Evian Spray) Terus, mineral water yang bakalan aku bahas disini, bukan mineral water sembarangan, karena sumbernya dari 2 pegunungan di Perancis, dimana airnya digunakan sebagai perawatan dan pengo